Jenis - Jenis Jaringan Komputer Yang Harus Kalian Ketahui

Mengenal Jenis - Jenis Jaringan Komputer - Dengan semakin berkembangnya kebutuhan pengolahan data dan informasi, dalam sebuah organisasi dibutuhkan lebih dari satu komputer yang digunakan oleh banyak orang yang bekerja dalam sebuah tim. Untuk saling bertukar data dan informasi, maka komputer-komputer yang digunakan akan dihubungkan satu dengan yang lainnya. Kumpulan komputer yang saling terhubung disebut sebagai jaringan komputer, Jaringan komputer dapat dibagi lagi sesuai media, cakupan yang akan dibahas dibawah ini. 
Jenis - Jenis Jaringan Komputer Yang Harus Kalian Ketahui
Jenis - Jenis Jaringan Komputer Yang Harus Kalian Ketahui

Jaringan Komputer Berdasarkan Area Cakupannya : 


1. LAN (Local Area Network)
LAN (Local Area Network) adalah suatu kumpulan komputer, dimana terdapat beberapa unit komputer (client) dan satu unit komputer bank data (server). Antara masing-masing client maupun antara client dan server dapat saling bertukar file maupun saling menggunakan printer yang terhubung pada unitunit komputer yang terhubung pada jaringan LAN.

2. MAN (Metropolitan Area network)
Merupakan jaringan sejati (true networks), yaitu versi dari LAN yang berukuraan lebih besar dan bisanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN mampu menunjang data dan suara. MAN memiliki satu atau dua buah kabel dan tidak mempunyai elemen switching.

3. WAN (Wide Area Network)
WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN atau workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi, umumnya menggunakan modem untuk membentuk hubungan dari atau kekantor pusat dan kantor cabang, maupun antarkantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antarkantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah.

Jaringan Komputer Berdasarkan Media Penghantar :

1. Wire Network 
Wire Network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar, jadi data ditransmisikan pada kabel. Kabel yang umum digunakan pada jaringan komputer biasanya menggunakan bahan dasar tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan fiber optik atau serat optik. Bahan tembaga banyak digunakan pada LAN. Sedangkan untuk MAN dan WAN menggunakan gabungan kabel tembaga dan serat optik.

2. Wireless Network
Wireless Network adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan media penghantar gelombang radio. Frekuensi yang digunakan pada radio untuk jaringan komputer biasanya menggunakan frekuensi tinggi, yaitu 2.4 GHz dan 5.8 GHz.

Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya:   

1. Client Server  
Cient server adalah jaringan komputer yang salah satu komputernya difungsikan sebagai server atau komputer yang memberikan pelayanan kepada komputer lain. Server melayani komputer lain yang disebut client. Layanan yang diberikan bisa berupa akses web, e-mail, file atau yang lain. Client server banyak dipakai oleh internet dan intranet.

2. Peer to Peer  
Peer to peer adalah jaringan komputer dimana setiap komputer bisa menjadi server sekaligus client. Setiap komputer dapat menerima dan memberikan akses dari atau ke komputer lain.

Itulah informasi mengenai beberapa jenis jaringan komputer yang harus kalian ketahui semoga dapat menambah ilmu dan wawasan penulis dan pembaca.

Subscribe to receive free email updates: