Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Yang Rusak

Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Yang Rusak - Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara memperbaiki harddisk yang rusak, pasti anda sudah tau apa itu harddisk? Harddiskadalah sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan, harddisk adalah hardware vital yang harus ada pada sebuah komputer, nah lalu bagaimana jika harddisk mengalami kerusakan, kita akan bahas disini, Biasanya kerusakan hardisk terjadi karena bad sector, untuk menangani hal ini ada beberapa macam cara penanganan awal yang harus Anda coba tergantung dari merk hardisk yang Anda gunakan.

Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Yang Rusak
Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Yang Rusak

• Coba lakukan defragment pada harddisk
• Jika cara tersebut belum berhasil, Anda dapat menggunakan program disk manager dari masing-masing pabrik pembuat hardisk.
• Jika cara tersebut belum berhasil juga, Anda dapat menggunakan software HDDREG, software tersebut dapat Anda download di internet.
• Jika masih belum berhasil juga, maka coba Low Level Format atau Zero File. Memformat hardisk yang akan mengakibatkan file di dalam hardisk hilang.
• Jika masih tidak bisa juga, Anda dapat memotong sektor hardisk yang rusak dengan cara membagi hardisk serta tidak menggunakan hardisk yang rusak.
Jika harddisk yang anda gunakan tidak terbaca oleh BIOS, masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari segi teknis ataupun non teknis, inilah beberapa masalah yang sering terjadi dan bagaimana cara untuk mengatasinya yangg dapat anda coba praktekan :
• Langkah awal Anda harus melihat pengaturan BIOS tersebut, dimana hardisk disetting OFF sehingga tidak terbaca. Solusinya rubah pengaturan hardisk pada BIOS setting hardisk ON.
• Cek arus listrik pada kabel hardisk, kesalahan kecil seperti ini sering terjadi jika Anda tidak memperhatikan benar-benar saat pemasangan hardisk seperti kabel terputus, kesalahan memasang tidak sesuai tempat dll, dalam hal ini Anda harus memasang ulang kabel harddisk.
• Lihat piringan hardisk, jika kesalahan dari piringan hardisk yang tidak berputar karena aliran listrik tidak mendukung, maka periksa ulang keadaan kabel hardisk apakah dalam keadaan baik, coba tukar dengan kabel power lainnya, namun jika berbagai cara tersebuat sudah Anda coba tapi tidak berhasil kemungkinan memang terjadi kesalahan pada hardisk itu sendiri.
• Cek pemasangan jumper yang sesuai, jika mengalami kesalahan memang tidak akan dapat terdeteksi.

Banyak faktor yang menjadi penyebab rusaknya harddisk, jika cara diatas masih tidak terselesaikan, anda bisa membawa harddisk anda ke tukang servis agar data anda nantinya tidak hilang. Itulah beberapa cara untuk memperbaiki harddisk.
Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: