Cara Mudah Mematikan Secure Boot Pada UEFI

Cara Mudah Mematikan Secure Boot Pada UEFI - UEFI adalah singkatan dari Unified Extensible Firmware interface. Pada dasarnya menggantikan BIOS yang digunakan hardware untuk load dan start sistem operasi di komputer saat ini, UEFI hadir dengan fitur "Secure Boot" yang mana akan melakukan bootke boot loader yang sudah dimasukkan ke Firmware UEFI. Fitur keamanan ini mencegah rootkit malware dan menambah lapisan keamanan. Tetapi dengan fitur keamanan itu kita tidak dapat dualboot dengan Linux. Fitur secure boot ini ada untung dan ruginya juga, dari segi keuntungan keamanan pada komputer atau laptop akan terjaga dan akan terhindar dari malware rootkit, namun untuk kerugiaannya kita tidak dapat menginstall sistem operasi linux, ada sedikit kejanggalan disini, fitur secure boot mungkin saja dibuat agar laptop tidak dapat menginstall sistem operasi selain sistem operasi buatan microsoft, dan jika anda membeli laptop yang telah terinstall windows 8 maka akan mendapat bonus UEFI ini.

Jika ingin tetap ingin dualboot dengan sistem operasi Linux maka kita harus mematikan fitur Secure Boot ini.
Untuk mematikan fitur dari  Secure Boot ini anda bisa melakukannya dari di windows 8 dengan memunculkan Charm bar > Settings > Change PC settings > General, kemudian klik "Restart" pada bagian "Advanced Startup", atau bisa juga dengan menggunakan DVD Installer atau Recovery Drive Windows 8 untuk mengakses "Advanced Startup" dengan memilih opsi "Repair your computer".

Cara Mudah Mematikan Secure Boot Pada UEFI

Selanjutnya klik "Restart" untuk masuk ke halaman pengaturan UEFI. Selanjutnya cari Secure Boot dan jadikan "Disable". Dengan Secure Boot yang telah disable, sebaiknya anda enable "Legacy Boot".

Cara Mudah Mematikan Secure Boot Pada UEFI

Setelah konfigurasi disimpan, anda dapat menginstall sistem operasi apapun dan anda memiliki kewenangan atas komputer anda.

Fitur dari secure boot ini terlalu memaksa pengguna, jadi tidak ada kebebasan untuk pengguna jika menginstall sistem operasi lain, untuk mengembalikan seperti semula agar secure bootnya aktif kembali anda bisa lakukan langkah seperti tadi juga.

Itulah Cara Mudah Mematikan Secure Boot Pada UEFI semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: