Tips Cara Memperbaiki Charger Laptop Yang Rusak

Tips Cara Memperbaiki Charger Laptop Yang Rusak - Charger Laptop kita kerap punya masalah, tak charge, dipasang tak nyala dsb. Terdapat banyak permasalah charger laptop yang kerap kita jumpai.

- Charger tanda lampu tak menyala.
- Charger tanda lampu nyala namun pada laptop tak ada tanda-tanda charger bekerja.
- Charger tanda lampu nyala namun waktu dipasang di laptop, tanda di laptop mati hidup.


Pada saat ini ane coba membahasnya terlebih pada point ke-2, alat yang butuh diperlukan diantaranya : 

1. Solder
2. Timah solder
3. Cutter/Gunting
4. Multitester
5. Jarum Pentul


Pada contoh masalah ini kita mengganggap charger tak charge, namun tanda lampu pada charger nyala, ini mengisyaratkan kalau charger sebenernya bekerja namun arus tidaklah sampai pada ujung jack menuju laptop.

Tips Cara Memperbaiki Charger Laptop Yang Rusak
Tips Cara Memperbaiki Charger Laptop Yang Rusak

Kesimpulannya rusaknya pada kabel maupun jack, bagaimana kita tahu jack yang rusak maupun samping mana kabel yang putus? Di sini kita bakal berbagi pengalaman, agar langkah yang kita ambillah lebih efektif.

Kenapa efektif, lantaran saat kita perkiraan yang rusak jack serta kita potong kabel di dekat jack, nyatanya kabel yang putus di tengah-tengah maupun di segi paling dekat dengan charger. ini menyebabkan aksi kita jadi tak efektif. Itu juga berlangsung saat perkiraan kita demikian sebaliknya, kita perkiraan yang putus di segi kabel paling dekat dg charger serta kita potong sesudah kita teliti nyatanya arus ada, serta nyatanya yang rusak segi jack maupun kabel mendekati jack. Ada lagi dengan perkiraan memotong kabel, sesudah dicek kabel bekerja dg baik pada segi itu lalu kita memotong pada segi lain serta pada akhirnya kabelpun menyusut banyak. yang menyebabkan kabel charger makin pendek.

Tak perlu lagi berpanjang-panjang, ane berikan trick nya :

1. Pertama, kita sediakan Multitester, ane anggap rekanan telah tahu pemakaiannya, untuk mengecheck adakah arus pada ujung jack

2. Ke-2, sesudah kita teliti nyatanya arus memanglah tak ada, langkah selanjutnya yaitu mengambil jarum pentul serta tancapkan pada tengah-tengah kabel tembus dari segi atas serta bawah. Penusukan kabel ini kita letakan 1/2 dari panjang kabel charger, ini sebagai jalan mengupayakan seefisien mungkin saja Cermati tanda lampu pada charger, umumnya lampu tanda masihlah nyala lantaran arus tak terpakai.

- Bila ketika jarum pentul ditancapkan, lampu tanda pada charger mati (konslet) bermakna posisi kabel yang kita tusuk itu masihlah baik dari posisi jarum sampai kedalam charger. Dapat diambil kesimpulan kalau yang putus itu kabel dari segi jarum sampai jack.
 - Bila ketika jarum pentul ditancapkan, lampu tanda pada charger tetep nyala bermakna posisi kabel yang kita tusuk dari posisi jarum sampai kedalam charger itu rusak atau putus. Kita simpulkan kalau kabel dari posisi jarum ke jack masihlah bagus.
- Untuk meyakinkan selanjutnya kita pakai alat tester, posisi jarum masihlah menusuk kabel, teliti dengan tester apakah bener2 kabel putus atau tak dengan tips tes ujung jack dengan jarum. Jarum ini berperan untuk konduktor menuju kabel baik positif ataupun negatif tanpa ada mesti mengupas kabel.

3. Ketiga, kerjakan penusukan seefisien mungkin saja, sesudah kita tahu segi kabel mana yang putus kerjakan pemotongan serta buang segi kabel yang putus.

4. Ke empat, sambung kembali kabel dengan timah solder dengan solder yang telah disediakan.

5. Ke lima, berikan isolasi pada sambungan kabel, agar lebih aman.

Bila yang putus kabel segi dalam charger umumnya kita putus paling pendek lalu hubungkan lagi pada pcb charger.

Demikian Tips Cara Memperbaiki Charger Laptop Yang Rusak semoga berguna.

Subscribe to receive free email updates: