Inilah Sebab Kenapa Linux Kebal Terhadap Virus

Kenapa Linux Kebal Terhadap Virus? Pertanyaan ini sering saya temukan di forum di internet, membuat saya ingin untuk membahasnya, kenapa linux kebal terhadap virus tidak seperti windows yang sering terkena virus, windows lebih banyak pemakainya tidak seperti linux hanya orang-orang tertentu saja yang meggunakannya, hal ini membuat para pembuat virus tertarik untuk membuat virus untuk sistem operasi windows, nah untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan dan terangkan dibawah ini :

Inilah Sebab Kenapa Linux Kebal Terhadap Virus
Inilah Sebab Kenapa Linux Kebal Terhadap Virus

1. Tidak Adanya Autorun
Di linux tidak ada yang namanya autorun, lain halnya dengan windows ada autorun, autorun ini akan otomatis berjalan ketika ada media yang terhubung dengan perangkat kita, hal ini membuat virus masuk dengan mudah tidak ada rintangan, walaupun sudah ada antivirus, virus ini masih tetap bisa lolos.

2. Kurang Familiar
Linux kurang familiar, karena kebanyakan orang memandang linux itu susah untuk di operasikan dan susah di pelajari, berbeda dengan windows yang mudah di operasikan pemula, banyaknya orang yang menggunakan sistem operasi windows membuat pembuat virus membuat virus untuk sistem operasi windows, karena tidak munkin pembuat virus, menargetkan pada sistem operasi yang kurang diminati orang.

3. Hak Akses
Secara default, Di Linux tidak ada user yang diberi kebebasan untuk mengubah system file/filesystem kecuali root/super user. Hanya super user/root-lah yang bisa menginstall software dan mengedit filesystem. Jadi untuk dapat memasang aplikasi atau perangkat lunak ataupun melakukan konfigurasi file kita harus menggunakan dan memiliki akses su-command.

4. Tidak Ada Registry
Registry menjadi tempat persembunyian virus lainnya, Virus biasanya menyembunyikan informasinya di dalam registry windows. Sehingga ketika kita sudah menghapus file virus, maka file tersebut akan ada lagi dan kadangkala file virus tersebut tidak bisa terhapus. Berbeda dengan Linux, tidak memiliki system registry layaknya windows, yang ada hanyalah konfigurasi-konfigurasi file dan itupun hanya yang memiliki akses root yang bisa mengubahnya.

5. Tidak Ada Executable
Tidak seperti Windows, Linux tidak mensupport .exe files, Linux tidak bisa menjalankan file *.exe. Padahal kebanyakan virus komputer menyebar melalui .exe file yang ketika kita klik dua kali tidak menyadari bahwa itu adalah worm, trojan ataupun malware lainnya (bukan aplikasi kita yang sebenarnya) yang dengan mudah mengintegrasi dan memperbanyak dirinya dalam  filesystem Windows.

Jika anda tidak ingin terkena virus ada baiknya anda menggunakan linux, ada banyak distro linux yang dapat anda pilih seperti ubuntu, debian, fedora, linux mint dan masih banyak lagi, jika anda ingin tetap menggunakan windows gunakanlah antivirus, itulah beberapa alasan kenapa linux kebal terhadap virus.

Demikianlah Sebab Kenapa Linux Kebal Terhadap Virus semoga menjadi ilmu tambahan bagi sobat semua.

Subscribe to receive free email updates: